Rabu, 18 November 2020

Modernisasi di Dalam Kehidupan Masyarakat Desa Ciaro

Oleh Laora Rafela

(Kelas 9F-SMPN 3 Limbangan, Garut)

Ciaro merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung. Kini kehidupan masyarakat di desa ini telah mengalami perubahan yang cenderung menjadi masyarakat desa modern. Dengan kata lain telah terjadi modernisasi di Desa Ciaro.

Menurut Soerjono Soekanto, modernisasi adalah perubahan-perubahan di dalam masyarakat mengenai perubahan norma sosial, nilai sosial, susunan lembaga yang ada di masyarakat, pola perilaku sosial, dan segala aspek di dalam kehidupan sosial. Sedangkan menurut Wilbert E Moore yang menyebutkan modernisasi adalah suatu transformasi total kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern dalam arti teknologi serta organisasi sosial ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang menjadi ciri negara barat yang stabil.

Ada proses dan banyak faktor yang melatarbelakangi terbentuknya modernisasi di Desa Ciaro. Menurut Bahreint T. Sugihen, (1997: 55) ada tiga tahap utama proses perubahan, yaitu berawal dari diciptakannya atau lahirnya sesuatu, mungkin sesuatu yang diidamkan atau sesuatu kebutuhan, yang kemudian berkembang menjadi suatu gagasan (idea, concept) yang baru. Bila gagasan itu sudah menggelinding seperti roda yang berputar pada sumbunya, sudah tersebar di kalangan anggota masyarakat, proses perubahan tersebut sudah memasuki tahapan yang kedua. Tahapan berikutnya sebagai tahapan ketiga yang disebut sebagai hasil (result, concequences) yang merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam sistem sosial yang bersangkutan sebagai akibat dari diterimanya atau ditolaknya suatu inovasi. Apa yang disampaikan Bahreint T. Sugihen tersebut jelas dirasakan oleh masyarakat Desa Ciaro.

Dari penjelasan di atas perubahan terlihat jelas adanya modernisasi pada masyarakat Desa Ciaro yang dapat dilihat dalam perubahan norma sosial, nilai sosial, susunan lembaga yang ada di masyarakat, pola perilaku sosial, dan segala aspek di dalam kehidupan sosial.

Contoh terjadinya modernisasi di Desa Ciaro antara lain adalah sebagai berikut;

1.      Penduduk mempergunakan facebook untuk melakukan kampanye politik pemilihan kepala desa yang akan segera dilaksanakan tahun 2021.

2.      Penghitungan hasil produksi barang hasil pangan Desa Ciaro mulai mempergunakan teknologi komputer bukan lagi mempergunakan jasa-jasa akuntansi manual,

3.      Perubahan pedagang keliling yang mempergunakan sepeda akan tetapi pada saat ini menggunakan kendaran bermotor dengan tujuan mempersingkat waktu yang dipergunakan.

4.      Dalam berjualan produk olahan masyarakat Desa Ciaro sudah menggunakan HP dengan aplikasi WA ataupun FB, massanger, dan Instagram.

5.      Anggota masyarakat Desa Ciaro yang masih bersekolah dari tingkat PAUD sampai dengan perkuliahan menggunakan media online dalam proses kegiatan pembelajaran dalam masa pandemi Corona.

6.      Masyarakat Desa Ciaro mempergunakan aplikasi google maps untuk petunjuk jalan dibandingkan dengan bertanya kepada orang lain (masyarakat lainnya).

7.     Dalam pertanian masyarakat Desa Ciaro menggunakan alat modern seperti: traktor dan mesin penggiling padi.

8.     Alat alat rumah tangga yang digunakan masyarakat Desa Ciaro sudah mengalami modernisasi diantaranya: penggunaan blender, rice cooker, mesin cuci, televisi, kulkas dan alat elektronik lain nya.

Manfaat dari adanya modernisasi bagi masayarakat Desa Ciaro di antaranya:

1.     Perubahan perilaku dan cara hidup masyarakat dengan IPTEK
Kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi berkontribusi positif dalam memudahkan kehidupan masyarakat desa ciaro, baik dalam berkomunikasi maupun dalam bidang pekerjaan.

2.      Perubahan nilai dan sikap kearah positif
Terbentuknya sikap terbuka akan perubahan dan keinginan untuk terus berinovasi guna mencapai kesejahteraan yang dicita-citakan.

3.      Meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan individu
Efektivitas dan efisiensi proses produksi dapat meningkatkan perekonomian desa ciaro

Terlepas dari dampak positif modernisasi di Desa Ciaro, ada juga dampak negatif yang terlihat jelas, yaitu adanya pergeseran nilai-nilai kebudayaan lokal, adat kebiasaan dan sikap warga yang lebih tidak peduli, terkikisnya nilai, adat istiadat dan kebudayaan lokal masyarakat desa ciaro yang diturunkan secara turun-temurun.

Demikian bahasan mengenai modernisasi yang ada dalam kehidupan masyarakat Desa Ciaro.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOLOM kOMENTAR

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.