Jumat, 20 November 2020

š—”š—øš˜š—¶š˜ƒš—¶š˜š—®š˜€ Mš—®š˜€š˜†š—®š—暝—®š—øš—®š˜ Kš—®š—ŗš—½š˜‚š—»š—“ Cš—¶š—øš—®š—¹š—²š—±š—¼š—»š—“ Dš—®š—¹š—®š—ŗ Mš—²š—»š—“š—µš—®š—±š—®š—½š—¶ Gš—¹š—¼š—Æš—®š—¹š—¶š˜€š—®š˜€š—¶ š—±š—®š—» Pš—²š—暝˜‚š—Æš—®š—µš—®š—» Sš—¼š˜€š—¶š—®š—¹ Bš˜‚š—±š—®š˜†š—®

 Oleh Asti Tatia

Kelas 9a SMPN 3 Limbangan, Garut

 

š—¦aat ini masyarakat sedang menghadapi kehidupan kearah yang lebih modern. Dalam hal ini globalisasi dan perubahan sosial budaya masuk ke dalam kehidupan masyarakat. Ini dapat dilihat mulai dari cara berpakaian, kehidupan sehari hari, gaya bahasa, tingkah laku, dan adanya perubahan cara melakukan sesuatu.

Sama dengan halnya kehidupan di masyarakat tempat tinggal saya. Saat ini masyarakat sedang mengalami perubahan sosial budaya akibat efek globalisasi. Masyarakat mulai mengikuti gaya hidup modern, seperti dalam hal menggunakan alat komunikasi canggih, memanfaatkan situs media sosial, atau gaya berbelanja yang menggunakan teknologi belanja online dengan aplikasi berbelanja untuk memudahkan berbelanja jauh lebih mudah.

Selain itu masyarakat di tempat tinggal saya, khususnya para petani, sekarang menggunakan teknologi canggih untuk membajak sawah dengan mudah yang awalnya menggunakan hewan yaitu kerbau. Begitu pun dengan kehidupan remajanya yang mulai terpengaruh budaya  globalisasi dan perubahan budaya, termasuk saya sendiri. Di mana saat ini kalangan remaja di tempat tinggal saya sudah masuk kehidupan yang jauh lebih modern. Saat ini kalangan remaja sudah menggunakan teknologi canggih berupa alat komunikasi berbasis android untuk memudahkan berkomunikasi dengan orang lain, terutama sekarang saat dalam fase pembelajaran belajar daring sehingga alat komunikasi saat ini sangat di butuhkan.

Selain itu, remaja di tempat tinggal saya pun mengalami perubahan pada moral, prilaku, dan bahasa yang di gunakannya. Saat ini kalangan remaja mengikuti gaya bahasa yang datang dari luar seperti pengucapan kata "aku"menjadi "gue" atau "kamu"menjadi"loe". Juga gaya bahasa pengucapan lainya, seperti yang mengandung kata tidak baik untuk di ucapkan kepada seseorang. seperti halnya pengucapan kata-kata kasar dengan menyebutkan nama hewan kepada seseorang dengan niat menjelekan atau mencaci kepada orang tersebut.

Dengan hal itu kita bisa lihat bahwa pengaruh dari globalisasi dapat menyebabkan perubahan sosial yang berdampak negatif bagi moral seseorang. Karna pergaulan yang salah terutama dalam berkomunikasi di media sosial. Bukan hanya karena itu saja, globalisasi dapat berdampak buruk, tetapi juga pemikiran masyarakatnya yang lebih penting. Masyarakat harus memanfaatkan globalisasi untuk melakukan hal fositif. Jika pemikiran masyarakatnya positif maka globalisasi tidak akan berdampak buruk. Jika pemikiran masyaraktnya negatif dan menggunakan globalisasi dengan cara yang salah maka globalisasi dapat berdampak buruk. Oleh karena itu yang menyebabkan baik buruknya dampak globalisasi adalah bagaimana masyarakat memamfaatkanya.

Oleh karena itu kita sebagai masyarakat harus pandai dalam menghadapi globalisasi agar tidak berdampak buruk kepada masyarakat.

Selain itu juga kalangan remaja di kampung saya lebih mengikuti perkembangan zaman sehingga mengabaikan seni budaya yang ada di kampung sendiri. Di kampung saya terdapat kesenian Singa Depok yang terus turun temurun yang selalu di tampilkan pada saat perayaan tujuh belas agustusan atau acara khitanan. Saat ini kebanyakan yang melestarikan kebudayaan tersebut hanya orang tuanya di bandingkan pra remajanya. Sehingga seni singa depok tidak dikenal dan di lestarikan remaja karena remajanya terlalu tertarik pada zaman modern dibanding dengan seni budayanya sendiri.

Bukan hanya itu saja tapi di daerah tempat tinggal saya juga,dengan adanya globalisasi dan alat teknologi canggih semakin berkembang, seperti halnya pada permainan. Sekarang menjadi lebih berkembang yang tentunya kalangan remaja dan anak-anak menyukai teknologi tersebut sehingga terlalu menyukainya membuat kalangan remaja dan anak anak aktivitas belajarnya berkurang karna lebih asik bermain game. Ada pula di kampung saya kalangan remaja anak anak lebih sering bermain game di warnet sehingga menjadi kecanduan sampai meninggalkan pelajaran dan bolos sekolah.

Dengan mengetahui hal tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa perubahan sosial budaya dan globalisasi yang masuk ke dalam kehidupan masyarakat di tempat tinggal saya terdapat dampak negatif di dalamanya di antaranya:

Dengan mengetahui hal tersebut  saya dapat menyimpulkan bahwa perubahan sosial budaya dan globalisasi yang masuk ke dalam kehidupan masyarakat di tempat tinggal saya terdapat dampak negatif di dalamanya di antaranya:

  • Pš—®š—±š—® š—øš—®š—¹š—®š—»š—“š—®š—» š—暝—²š—ŗš—®š—·š—® š—±š—²š—»š—“š—®š—» š—®š—±š—®š—»š˜†š—® š—“š—¹š—¼š—Æš—®š—¹š—¶ š˜€š—®š˜€š—¶ š˜†š—®š—»š—“ š—±š—®š—½š—®š˜ š—±š—®š—½š—®š˜ š—ŗš—²š—»š˜†š—²š—Æš—®š—Æš—øš—®š—» š—½š—²š—暝˜‚š—Æš—®š—µš—®š—» š˜€š—¶š—øš—®š—½ š—ŗš—¼š—暝—®š—¹ š—±š—®š—» š˜š—¶š—»š—“š—øš—®š—µ š—¹š—®š—øš˜‚ š˜€š—²š˜€š—²š—¼š—暝—»š—“, š—øš—®š—暝—»š—® š—½š—²š—暝—“š—®š˜‚š—¹š—®š—» š˜†š—®š—»š—“ š˜š—¶š—±š—®š—ø š—Æš—®š—¶š—ø š—±š—®š—¹š—®š—ŗ š—Æš—²š—暝—øš—¼š—ŗš˜‚š—»š—¶š—øš—®š˜€š—¶, š—Æš—®š—¶š—ø š—±š—®š—¹š—®š—ŗ š—ŗš—²š—±š—¶š—® š˜€š—¼š˜€š—¶š—®š—¹ š—®š˜š—®š˜‚ š—øš—²š—µš—¶š—±š˜‚š—½š—®š—» š˜€š—²š—µš—®š—暝—¶ š—µš—®š—暝—¶.
  • š—£š—®š—±š—® š—ŗš—®š˜€š˜†š—®š—暝—®š—øš—®š˜ š—·š—¶š—øš—® š˜š—²š—暝—¹š—®š—¹š˜‚ š—Æš—®š—»š˜†š—®š—ø š—Æš—²š—暝—Æš—²š—¹š—®š—»š—·š—® š—ŗš—²š—»š—“š—“š˜‚š—»š—®š—øš—®š—» š˜€š—¼š˜€š—¶š—®š—¹ š—ŗš—²š—±š—¶š—® š—Æš—¶š˜€š—® š—Æš—²š—暝—½š—¼š˜š—²š—»š˜€š—¶ š˜€š˜‚š—øš—® š—ŗš—²š—ŗš—Æš—²š—¹š—¶ š—½š—暝—¼š—±š˜‚š—ø š—¹š˜‚š—®š—æ š—»š—²š—“š—暝—¶ š—±š—¶ š—Æš—®š—»š—±š—¶š—»š—“ š—½š—暝—¼š—±š˜‚š—ø š—±š—®š—¹š—®š—ŗ š—»š—²š—“eš—暝—¶ š—øš—®š—æeš—»š—® š˜š—²š—暝—¹š—®š—¹š˜‚ š—Æš—®š—»š˜†š—®š—ø š—øš—²š—¶š—»š—“š—¶š—»š—®š—» š—®š˜š—®š˜‚ š—øš—²š˜š—²š—暝˜š—®š—暝—¶š—øš—®š—» š—½š—®š—±š—® š—½š—暝—¼š—±š˜‚š—ø. Jš˜‚š—“š—® š—Æš—²š—暝—½š—¼š˜š—²š—»š˜€š—¶ š˜š—²š—暝—·š—®š—±š—¶ š—½š—²š—»š—¶š—½š˜‚š—®š—» š—Æš—¶š—¹š—® š˜š—¶š—±š—®š—ø š—±š—¶š—½š—²š—暝—µš—®š˜š—¶š—øš—®š—» š˜€š˜‚š—ŗš—Æš—²š—æ š—½š—²š—»š—·š˜‚š—®š—¹š—®š—»š˜†š—® š—±š—®š—暝—¶ š˜€š—¶š—®š—½š—®. Jš˜‚š—“š—® š—±š—®š—½š—®š˜ š—ŗš—²š—»š˜‚š—ŗš—Æš˜‚š—µš—øš—®š—» š˜€š—¶š—øš—®š—½ š—µš—¶š—±š˜‚š—½ š—Æš—¼š—暝—¼š˜€ š—·š—¶š—øš—® š—Æš—²š—¹š—®š—»š—·š—® š˜š—¶š—±š—®š—ø š˜š—²š—暝—øš—²š—»š—±š—®š—¹š—¶Jš—¶š—øš—® š˜š—²š—暝—¹š—®š—¹š˜‚ š˜€š—²š—暝—¶š—»š—“ š—ŗš—²š—ŗš—Æš—²š—¹š—¶ š—½š—暝—¼š—±š˜‚š—ø š—¹š˜‚š—®š—暝—»š—²š—“š—暝—¶ š—ŗš—®š—øš—® š—½š—²š—»š—“š—µš—®š˜€š—¶š—¹š—®š—» š˜†š—®š—»š—“ š—±š—¶š—±š—®š—½š—®š˜š—øš—®š—®š—» š—±š—®š—¹š—®š—ŗ š—»š—²š—“š—®š—暝—® š—Æš—²š—暝—½š—¼š˜š—²š—»š˜€š—¶ š—øš—²š—°š—¶š—¹.
  • š——š—²š—»š—“š—®š—» š—®š—±š—®š—»š˜†š—® š—“š—¹š—¼š—Æš—®š—¹š—¶ š˜€š—®š˜€š—¶ š—±š—®š—» š—½š—²š—暝˜‚š—Æš—®š—µš—®š—» š˜€š—¼š˜€š—¶š—®š—¹ š—Æš˜‚š—±š—®š˜†š—® š—øš—®š—¹š—®š—»š—“š—®š—» š—暝—²š—ŗš—®š—·š—® š—ŗš—²š—»š—·š—®š—±š—¶ š˜š—¶š—±š—®š—ø š—½š—²š—±š˜‚š—¹š—¶ š˜š—²š—暝—µš—®š—±š—®š—½ š—øš—²š˜€š—²š—»š—¶š—®š—» š—Æš˜‚š—±š—®š˜†š—® š˜€š—²š—µš—¶š—»š—“š—“š—® š˜€š—²š—»š—¶ š—Æš˜‚š—±š—®š˜†š—® š˜š—²š—暝—®š˜€š—¶š—»š—“š—øš—®š—» š—±š—®š—» š˜š—¶š—±š—®š—ø š˜š—²š—暝—¹š—²š˜€š˜š—®š—暝—¶š—øš—®š—».

š€šššš©š®š§ šššš¦pššš¤ šŸšØš¬š¢š­š¢š© šššš«š¢ šššššš§š²šš š š„šØš›ššš„š¢š¬ššš¬š¢ šššš§ š©šžš«š®š›ššš”ššš§ š¬šØš¬š¢ššš„ š›š®šššš²šš š©ššššš š¦ššš¬š²ššš«ššš¤ššš­ š¤ššš¦š©š®š§š  šœš¢š¤ššš„šžššØš§š  :

  • š€šššš§š²šš š­šžš¤š§šØš„šØš š¢ š²ššš§š  š¬šžš¦ššš¤š¢š§ šœššš§š š š¢š” š¦šžš¦š›ššš§š­š® š¦ššš¬š²ššš«ššš¤ššš­ š¤ššš¦š©š®š§š  šœš¢š¤ššš„šžššØš§š  š¦šžš¦š®šššš”š¤ššš§ š¦šžš„ššš¤š®š¤ššš§ š©šžš¤šžš«š£ššššš§ š¬šžš©šžš«š­š¢ šœšØš§š­šØš”š§š²šš.
  • š¦šžš¬š¢š§ š©šžš¦š›ššš£ššš¤ š¬ššš°ššš” š¦šžš¦š®šššš”š¤ššš§ š©šžš­ššš§š¢ š¦šžš¦š›ššš£ššš¤ š¬ššš°ššš” š£š®š šš ššš„ššš­ š¤šØš¦š®š§š¢š¤ššš¬š¢ š¦šžš¦š®šššš”š¤ššš§ š©šžš„ššš£ššš« š›šžš«š¤šØš¦š®š§š¢š¤ššš¬i š­šžš«š®š­ššš¦šš š¬ššššš­ š›šžš„ššš£ššš« šššš«š¢š§š  š¬ššššš­ š¢š§š¢š£š®š šš š¬šžš©šžš«š­š¢ š”ššš„š§š²šš š­šžš¤š§šØš„šØš š¢ š¦šžš¬š¢š§ š£ššš”š¢š­ š¢š›š® š¬ššš²šš š²ššš§š  š¦šžš¦š®šššš”š¤ššš§ š¢š›š® š¬ššš²šš  š¦šžš§š£ššš”š¢š­ š©ššš¤ššš¢ššš§.
  • š€šššš§š² š š„šØš›ššš„š¢š¬ššš¬š¢ šššš©ššš­ š¦šžš§š š”ššš¬š¢š„š¤ššš§ š“šžš«š›š®š¤ššš§š²šš š„ššš©ššš§š ššš§ š¤šžš«š£šš šššš§ š„šØš°šØš§š ššš§ š¤šžš«š£šš š›ššš š¢ š¦ššš¬š²ššš«ššš¤ššš­ š¤ššš¦š©š®š§š  šœš¢š¤ššš„šžššØš§š .
  • šŒšžš¦š®šššš”š¤ššš§ š¦ššš¬š²ššš«ššš¤ššš­  š›šžš«š›šžš„ššš§š£šš šØš§š„š¢š§šž š¬šžš”š¢š§š š šš š¤šžš›š®š­š®š”ššš§ š­šžš«š©šžš§š®š”š¢ ššžš§š ššš§ š¦š®šššš”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KOLOM kOMENTAR

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.