Sehubungan dengan masih banyak yang bingung tentang perbedaan pendekatan, strategi, metode dan model pembelajara, penulis mencoba membuat tulisan ringkas ini semoga tidak nambah bingung.
- Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran ( Rusman, 2008 :139). Dari pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan selanjutnya diturunkan ke dalam strategi pembelajaran.
- Strategi pembelajaran menurut Kemp (1995) adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
- Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
- Hubungan strategi dan metode pembelajaran:
- Strategi pembelajaran sifatnya masih konseptual dan untuk mengimplementasikannya digunakan berbagai metode pembelajaran tertentu.
- Dengan kata lain, strategi merupakan “a plan of operation achieving something” sedangkan metode adalah “a way in achieving something” (Wina Senjaya (2008)
- Selanjutnya metode pembelajaran dijabarkan ke dalam teknik dan gaya pembelajaran. Teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas. Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat berganti-ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama
- Taktik pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual. Misalkan, terdapat dua orang sama-sama menggunakan metode ceramah, tetapi mungkin akan sangat berbeda dalam taktik yang digunakannya. Dalam penyajiannya, yang satu cenderung banyak diselingi dengan humor karena memang dia memiliki sense of humor yang tinggi, sementara yang satunya lagi kurang memiliki sense of humor, tetapi lebih banyak menggunakan alat bantu elektronik karena dia memang sangat menguasai bidang itu. Dalam gaya pembelajaran akan tampak keunikan atau kekhasan dari masing-masing guru, sesuai dengan kemampuan, pengalaman dan tipe kepribadian dari guru yang bersangkutan
- Apabila antara pendekatan, strategi, metode, teknik dan bahkan taktik pembelajaran sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang disebut dengan model pembelajaran. Jadi, model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
- Model pembelajaran menurut Joyje & Weil (1980:1) adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain
NO | PENDEKATAN PEMBELAJARAN | STRATEGI PEMBELAJARAN | METODE PEMBELAJARAN |
1 | Pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centered approaches), | a. Strategi pembelajaran langsung (direct instruction) b. Strategi pembelajaran deduktif c. Strategi pembelajaran ekspositori | Ceramah |
2 | Pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centered approaches), | a. Strategi pembelajaran inkuiri b. Strategi pembelajaran discoveri c. Strategi pembelajaran induktif d. Strategi pembelajaran kooperatif (cooperative learning) | 1) Diskusi Kelompok 2) Debat 3) Laboratorium 4) Praktek Lapangan 5) Tanya Jawab 6) Simulasi 7) Example non example 8) Picture and picture 9) Number Head Together 10) Kepala bernomor struktur 11) Cooperative Script 12) Jigsaw 13) Students Teams achievment divisions (STAD) 14) Problem Based Introduction 15) Artikulasi 16) Mind Maping 17) Make a match 18) Think pair share 19) Role Playing 20) Group Investigation 21) Talking Stick 22) Bertukar pasangan 23) Snow Ball Throwing 24) Student Facilitator and Explaining 25) Course Review Horay 26) Demonstrasi 27) Cooperative Integrated Reading and Composition 28) Inside-Outside Circle 29) Tebak kata 30) Word Square 31) Scamble 32) Take and give 33) Concept Sentence 34) Complete Sentence 35) Time Token 36) Pair check 37) Keliling kelompok 38) Two stay two stray 39) Cari Bambu |
- Sebagian model desain pembelajaran menurut para ahli :
- Berdasarkan teori, model-model pembelajaran banyak ragamnya tapi yang umum dikenal di Indonesia antara lain :
- Model PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional ), dikembangkan dalam kurikulum 1975
- Model pembelajaran Konstektual (Contextual Teaching and Learning)
- Model pembelajaran tematik , dikembangkan dalam KTSP untuk SD
- Model pembelajaran berbasis komputer (Computer based Instruction), terdiri dari:
- Model Drill
- Model Tutorial
- Model simulasi
- Model Instructional Games
- Model PAKEM (Pembelajaran, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) dalam perkembangan model-model pembelajaran, ternyata terdapat beberapa model pembelajaran yang sebenarnya sudah memuat konsep PAKEM, seperti:
- Pembelajaran Quantum (Quantum Teaching)
- Pembelajaran berbasis kompetensi
- Pembelajaran Konstekstual (Contextual Teaching and Learning)
- Pembelajaran Tematik
- Tulisan disarikan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat bagi yang masih bingung membedakannya. Bukan tidak mungkin ada perbedaan pendapat, mari kita diskusikan saja.
nice,!! blognya bagus, isinya padat dan bermanfaat. Jangan lupa selalu tampilkan hal-hal yang baru dan actual di bidang pindidikan. ku akang rek sering diakses, meh tambah ilmu.
BalasHapusNuhun comment+supportna
BalasHapusMampir kang..good posting..di antos nusanes na
BalasHapussisp good kang he
BalasHapusmenambah pengetahuan. trimakasih.
BalasHapus