Selasa, 18 Oktober 2011

Perbedaan antara model, pendekatan, strategi dan metode pembelaran

Sehubungan dengan masih banyak yang bingung tentang perbedaan pendekatan, strategi, metode dan model pembelajara, penulis mencoba membuat tulisan ringkas ini semoga tidak nambah bingung.
  • Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran ( Rusman, 2008 :139). Dari pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan selanjutnya diturunkan ke dalam strategi pembelajaran.
  • Strategi pembelajaran menurut Kemp (1995) adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
  • Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  • Hubungan strategi dan metode pembelajaran:
    • Strategi pembelajaran sifatnya masih konseptual dan untuk mengimplementasikannya digunakan berbagai metode pembelajaran tertentu.
    • Dengan kata lain, strategi merupakan “a plan of operation achieving something” sedangkan metode adalah “a way in achieving something” (Wina Senjaya (2008)
  • Selanjutnya metode pembelajaran dijabarkan ke dalam teknik dan gaya pembelajaran. Teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas. Demikian pula, dengan penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat berganti-ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama
  • Taktik pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual. Misalkan, terdapat dua orang sama-sama menggunakan metode ceramah, tetapi mungkin akan sangat berbeda dalam taktik yang digunakannya. Dalam penyajiannya, yang satu cenderung banyak diselingi dengan humor karena memang dia memiliki sense of humor yang tinggi, sementara yang satunya lagi kurang memiliki sense of humor, tetapi lebih banyak menggunakan alat bantu elektronik karena dia memang sangat menguasai bidang itu. Dalam gaya pembelajaran akan tampak keunikan atau kekhasan dari masing-masing guru, sesuai dengan kemampuan, pengalaman dan tipe kepribadian dari guru yang bersangkutan
  • Apabila antara pendekatan, strategi, metode, teknik dan bahkan taktik pembelajaran sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang disebut dengan model pembelajaran.  Jadi, model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
  • Model pembelajaran menurut Joyje & Weil (1980:1) adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain 
NO
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
STRATEGI PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN

1

Pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centered approaches),


a.       Strategi pembelajaran langsung (direct instruction)
b.       Strategi pembelajaran deduktif
c.       Strategi pembelajaran ekspositori


Ceramah

2

Pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centered approaches),


a.       Strategi pembelajaran inkuiri
b.       Strategi pembelajaran discoveri
c.       Strategi pembelajaran induktif
d.       Strategi pembelajaran kooperatif (cooperative learning)


1)     Diskusi Kelompok
2)     Debat
3)     Laboratorium
4)     Praktek Lapangan
5)     Tanya Jawab
6)     Simulasi
7)     Example non example
8)     Picture and  picture
9)     Number Head Together
10) Kepala bernomor struktur
11) Cooperative Script
12) Jigsaw
13) Students Teams achievment divisions (STAD)
14) Problem Based Introduction
15) Artikulasi
16) Mind Maping
17) Make a match


18) Think pair share
19) Role Playing
20) Group Investigation
21) Talking Stick
22) Bertukar pasangan
23) Snow Ball Throwing
24) Student Facilitator and Explaining
25) Course Review Horay
26) Demonstrasi
27) Cooperative Integrated Reading and Composition
28) Inside-Outside Circle
29) Tebak kata
30) Word Square
31) Scamble
32) Take and give
33) Concept Sentence
34) Complete Sentence
35) Time Token
36) Pair check
37) Keliling kelompok
38) Two stay two stray
39) Cari Bambu

  • Sebagian model desain pembelajaran menurut para ahli :
    • Berdasarkan teori,  model-model pembelajaran banyak ragamnya tapi yang umum dikenal di Indonesia antara lain :
      • Model PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional ), dikembangkan dalam kurikulum 1975
      • Model pembelajaran Konstektual (Contextual Teaching and Learning)
      • Model pembelajaran tematik , dikembangkan dalam KTSP untuk SD
      • Model pembelajaran berbasis komputer (Computer based Instruction), terdiri dari:
        • Model Drill
        • Model Tutorial
        • Model simulasi
        • Model Instructional Games
  • Model PAKEM (Pembelajaran, Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) dalam perkembangan model-model pembelajaran, ternyata terdapat beberapa model pembelajaran yang sebenarnya sudah memuat konsep PAKEM, seperti:
    • Pembelajaran Quantum (Quantum Teaching)
    • Pembelajaran berbasis kompetensi
    • Pembelajaran Konstekstual (Contextual Teaching and Learning)
    • Pembelajaran Tematik 
  • Tulisan disarikan dari berbagai sumber. Semoga  bermanfaat bagi yang masih bingung membedakannya. Bukan tidak mungkin ada perbedaan pendapat, mari kita diskusikan saja.

5 komentar:

  1. nice,!! blognya bagus, isinya padat dan bermanfaat. Jangan lupa selalu tampilkan hal-hal yang baru dan actual di bidang pindidikan. ku akang rek sering diakses, meh tambah ilmu.

    BalasHapus
  2. Mampir kang..good posting..di antos nusanes na

    BalasHapus
  3. menambah pengetahuan. trimakasih.

    BalasHapus

KOLOM kOMENTAR

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.